Sabtu, 22 Desember 2012

What's Statistic?

Oke, berhubung sekarang saya menggeluti bidang Statistika, saya akan menceritakan sedikit tentang apa itu statistika. Statistika adalah ilmu yang mempelajari bagaimana merencanakan, mengumpulkan, menganalisis, menginterpretasi, dan mempresentasikan data. Singkatnya, statistika adalah ilmu yang berkenaan dengan data. Jangan salah, karena statistika adalah program studi yang tergolong sulit, masih belum banyak lulusan statistika sehingga memungkinkan adanya prospek kerja yang sangat bagus ke depannya. Setiap perusahaan maupun sebuah lembaga pasti membutuhkan statistisi untuk membantu perencanaan keuangan maupun peramalan dalam sebuah proyek yang mana hal ini hanya dapat dilakukan oleh seorang statistisi.

Di sini sebagai perkenalan saya akan menceritakan macam-macam statistika. Ada dua macam statistika, yaitu statistika deskriptif dan statistika inferensial. Statistika deskriptif berkenaan dengan deskripsi data, misalnya dari menghitung rata-rata dan varians dari data mentah; mendeksripsikan menggunakan tabel-tabel atau grafik sehingga data mentah lebih mudah “dibaca” dan lebih bermakna. Sedangkan statistika inferensial lebih dari itu, misalnya melakukan pengujian hipotesis, melakukan prediksi observasi masa depan, atau membuat model regresi.
Statistika deskriptif berkenaan dengan bagaimana data dapat digambarkan dideskripsikan) atau disimpulkan, baik secara numerik (misalnya menghitung rata-rata dan deviasi standar) atau secara grafis (dalam bentuk tabel atau grafik), untuk mendapatkan gambaran sekilas mengenai data tersebut, sehingga lebih mudah dibaca dan bermakna.
Statistika inferensial berkenaan dengan permodelan data dan melakukan pengambilan keputusan berdasarkan analisis data, misalnya melakukan pengujian hipotesis, melakukan estimasi pengamatan masa mendatang (estimasi atau prediksi), membuat permodelan hubungan (korelasi, regresi, ANOVA, deret waktu), dan sebagainya.

Meskipun tergolong ilmu yang sulit asalkan memang niat dan mau berusaha saya yakin pasti ada jalan untuk meraih hasil yang sebaik-baiknya. :) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar